Sunday, August 19, 2012

Eps 42 : Opor Ayam & Rendang Ayam Homemade
by LovelyLue


Selamat Hari Raya Idul Fitri ya buat teman2 yang merayakannya!!! Pasti hari ini lagi pada seneng2 merayakan hari besarnya bersama keluarga masing2 yaa..Ada opor ? rendang? ketupat ? SO PASTI ADA YA! hahahaa..

Jadi sebelom gw share resep Opor Ayam n Rendang Ayam gw..

Tepat kemarin tanggal 18 Agustus,hari Sabtu pagi..
Gw bangun pagi2 sarapan kan..Biasalah ngecek bbm..Recent Updates nya..

Dannn melihattt tuhhhh temen2 gw yang muslim..Uda pajang aja foto2 ketupat dan teman2nya si ketupat yakni opor,rendang,sayur2...HUAHH..Gw tunjukin ke suami gw..Suami gw bilang tenang aja kan besok dapet darii temen2 di Pekanbaru yang merayakan Idul Fitri..Sebenernya suami gw juga uda pengennn..Gw bisa melihatt dari wajahnyaa!! hahahahahaa..

Gw gak mauuu tinggel diem dehhh walau cuma nunggu sehari juga..Uda pengenn..
Gw memutuskan untuk masakk 2 menu ituu! Dengan tanpa mengecek bahannya ada / ga?LOLOL..
Akhirnya suami gw nemenin gw masak di bwh sambilan dia nonton TV..
Gw uda sibuk nyiapain bahan2..BERUNTUNG rempah2 smua masih lengkap..Dan ayam kampung masi ada 2 ekor di kulkas...Pas dong buat 2 menu hahaha..

Pembantu gw ga pulang kampung jd dia bantu gw nyiapin bahan2..iris2 potong2..






Jeng jeng...Ni penampakannyaa...

Tapii kurang 1 nih! kurang ketupat..
Nah itu gw hrus sabar sampe tgl 19Agustus (hari ini)
Jadi ini makannya sama nasi..
hahahhahaa..

Cara masaknya gampang teman2..Asal ada bahan2nya aja!
Nih gw bagi resepnya yaa...

Bahan2 untuk masak Opor ayam :
- 1 ekor ayam kampung
- 4 butir kemiri
- 1 kotak santan KARA yang besar (kan ada yang kcil n besar)
-  9-10 bawang merah
- 4 siung bawang putih
- 1/4 ketumbar
- 1/4 merica bubuk
- 1cm laos
- 3lembar daun salam
- 1 batang sereh
- 1/2 sendok makan gula merah
- garam secukupnya
- kentang secukupnya ( kentangnya di kupas dlu iris kotak2 ya dan tiriskan)

Cara membuat Opor Ayam nyaaa :
1. Bersihkan ayam nyaa,potong2 sesuai size yang di inginkan..sisihkan dlu..
2. Haluskan semua bumbu..Tapi sereh,salam dan laos engga ya..Mereka akan dimasukkan terpisah..Karna mrk brupa dedaunan..
3. Masukkan air panas seckupnya dan campurkan bumbu halus yang uda kita haluskan tadi..Aduk sampai rata dan mendidih..
4. Masukkan ayamnyaa + sereh+salem+laos...Tunggu beberapa saat sampai ayamnya 1/4 matang..Stelah ayam kira2 1/4  matang baru masukin kentang nyaa.. Tunggu lagi sampe ayamnya 1/2 matang..Kemudian masukkan santan KARA semuanya (atau bagi yang ga suka santan kental2,bisa di kurangi jadi 3/4 nya aja dri kotak KARA itu)
5. Masak sampe smuanya matang..
6. Of course stelah matang di angkat..Siap di lahap! hahahahahaa..



Bahan2 untuk masak Rendang Ayam :
- 1 ekor ayam kampung
- 1 kotak kecil santan KARA
- asam kindis 2 biji
- serai 2 batang.. di pentung2 ya pake sisi ratanya pisau..(bahasa gw..dipentung..ngerti ga?)
- daun kunyit 2-3 lembar
- daun jeruk purut 2-3 lembar
- garam secukupnya
- cabe merah 1.5 ons
- bawang merah 15 buah
- bawang putih 6-7 siung
- kemiri 5 buah 
- jahe 2 cm
- lengkuas 3cm , di pentung lgi..(lol)

Cara masaknyaaaa :
1. Ayam di bersihkan dipotong2 seperti pas bikin opor..
2. Rebus santan dengan bumbu yang di haluskan,masukkan dedaunannya yang mencakup daun jeruk purut,daun kunyit,asam kandis..dan garam
3. Aduk terus sampai bner2 kental ,dan supaya santan tidak pecah(nih urusan aduk2 gw suruh pembantu gw..hahaha..capee ! wkakak..) masukkan potongan ayamnya,biarkan mendidih dan keluar minyaknya..
4. Aduk terus dan di masak dengan api sedang 
5. Sampe bentuk dan rupa uda kaya rendang ayam,matikan api sodari2..
6. Sajikan


Selagi gw lagi masak,suami gw suka ngintip2..n bilang..Wangii bangetttt..Itu tandanya doi uda ga sabar tuh uda laperrrrrr..hahahaa..

Akhirnya gw makan 2 piring..dan suami gw 3piring..Opor emang bikin banyak untuk gw sajikan besok sama ketupat..Jadiin kuahnyaa..Kalau rendangnya udah habis tuhh ..

Sbelomnya uda gw bagi juga sama pembantu gw..Kasian ga plg kampung kan..Hrus icip2 jugaa rendangnya dong..Gw kalau masak banyakan emang slalu bagi pembantu gw..Lucky youuu mbak!! wkwkwkwk..


Nih suami gw yang menghabiskan  3 pring..
Sepanjang makan ada x ngomong enaknya tuh 4x..hahaha..
Seneng deh tiap x liatin suami gw makan lahap n bahagia..Asal jangan berlebihan ya tar overweight!! =D LOLOL..
Oh ya itu ada telor tumis juga..Tumis telor favorite si suami..
G masak 3 macem kemarin itu..
Mau gw gabungin soal resep telor tumis ala gw..Tapi jadi campur dong sama menu lebaran..
Resep telor tumis pedasnya untuk next post aja ya!!

DAN KALIAN LIAT GA ADA YANG JELEK DI FOTO ITUU??(atau cuma gw ya..karna gw terlalu cerewet) LOLOL...
itu piring nasi+telor tumis+rendangnya beda semua..
*SIGH*
itu gara2nya gw lagi sibuk masak,gw suruh pembantu gw ambil piring dong kan..
Eh diambilnya beda2 smua..Gw juga ga nyimak pula lagi masak2 gitu..

PS : gw paling antiiiiiiiiiiiiiiiii makan di meja makan gw, dengan lauk2 yang di sajikan dalam piring yang berbeda2..
Ga sedap dipandang mata..*arghhhhhhhhhhhhhhhhh*
padahal gw uda slalu bilang kalau ambil piring ambil yang samaaa semua..
Tapi yadalah kecerewetan gw kadang kelupaan ama pembantu gw..hahahhaa..



AKHIRNYA HARI INI tanggal 19 Agustus..Gw dapet ketupat dari Mrs Yanti..
YEEEHAAAA........
Thx alot !!
Nah ini pas makan tadi gw kasih kuah opor ayam gw sampe menggenang!!
ENAK BANGETHHHHHHHHHH..
Gw tambahin telor rebus (dipotong jdi 2)
Jadi kaya lontong sayur super komplit..hahahhaa..
Gw sama suami gw kembali menggila makannya..LOLOLL..
What a happy day ya!!!!!

Suasana lebaran makan ginian emang paling uenakkk ya!


'
Ps : masaknya gampang kan..cuman emang ribet nyari bahan2nya..kaya rempah2nya..Tapi semuaaaanya ada di pasar..
kalau males ke pasar bisa cari di Hypermart sapatau ada lengkap juga..Gw biasa belanjanya di pasar deket rumah..=D
Dan kalau males kerjain sendiri,bisa minta bantu pembantu di rumah atau ajak sodara/kakak/ade/nci/dede buat masak bareng..LOLOL..Jadi bisa bagi tugas gitu lohhhh...

Ayo yang hobby masak , siapa tau tahun depan bisa masak sendiriii..
Gak harus pas lebaran kog masaknya..Kapan aja dikala pengen..N niat masak sendiri..Masak aja..
Gw jg gak jarang bikin nih Opor hahahaha..

Gw nih pecinta makanan dari makanan kampung,korean,japan,singapore,thailand,italian,india..SEMUA gw suka..Asal enak pasti deh gw demen..LOL!! =D

Okehh next post gw share ya resep telor tumis pedas andalan gw!!
Lebih gampang lagi dan dijamin uenakk uenakk..LOL!
(resep dari my mom) =D..


Happy Eid Mubarak 1433H
all my Muslim friend!

Have a nice day all peeps!!
xoxoxo!

24 comments:

  1. Aduhhh ce ngilerr liat foto masakan cece (|||‾ ̩̩̩̩̩̩̩̩̩̩̩̩̩△‾)



    Ce ku copy paste yaaa resepnyaaa....( ˆヮˆ)づ haha ~ (◦ˆ ▽ˆ)/

    ReplyDelete
  2. wah ce br buka blog disambut pake posting opor dan rendang *nyem*... baru mo masak opor juga nihhh ... uji coba resepnya ce lulu ahhh xD

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahhahaa.. Sippphhh sayyy.. Slmt mnikmati juga!! ^.~)!!

      Delete
  3. ciii bkin ngiler aja eekekekeke..
    happy holiday ya ci :D

    rheapunya.blogspot.com

    ReplyDelete
  4. patut di coba nih ce...hiks *ngiler

    ReplyDelete
  5. aa hebat banget cc *-*,emang makanan negeri sendiri paling nendang ><

    ReplyDelete
    Replies
    1. Thx youu say.. Hooo ohhh nihhh hahaaa

      Delete
  6. ngiler malem2 cie.. -_- wkwk
    mantab kali XD hehe
    thanks for sharing cie ^^

    ReplyDelete
  7. wow, bisa masak juga...luar biasa.... :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yes..salah satu hobby gw yg lain .. ^.~)

      Delete
  8. ngilerr liat opornyaa c...
    wahhh bisa d cobain ne kapan2,,,
    tq resepnya cc,,,
    g sabar jg nungguin resep telut tumisnyaa,,,
    :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Cc juga senjata makan tuan.. Begitu opornya sgala uda abis..iseng liat blog sndri..jdi pengen lagi..mana uda abis lgi (ˇ_ˇ'!l|) ..hahahaaaa.. Okee d tgg ya..ĸℓŏ suka pdes,bisa favorite bgt nih tumis tlor..gmpang n enakkkk..wangii..♥ĦaĦaĦaĦa(≈^▿^≈)♥ ..

      Delete
  9. Ewwww ngiler banget pagi2 blom sarapan...
    Lebaran kemaren coba opor ayam diganti pake bola2 daging isi tlor puyuh...enak juga loch cc Lulu..
    sayang kalo dsni makan ketupatnya nggak bisa langsung pas hari lebaran, coz ada sendiri waktu mkn ketupatnya yaitu pz Lebaran ketupat/sminggu stlh lebaran...hehehehehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah tradisi dmna tu say stelah sminggu bru bs makan ktupat? Biasa kan hari pertama uda mkn2 ya..tmn2 di sni begituu..
      Wah puyuhh enakk emang tpi kolesterolnya tinggiiii..ga prnah masak yg ada tlor puyuhnya.. Hrus jaga badan suami cc juga.. Tkut kolesterol ♥ĦaĦaĦaĦa(≈^▿^≈)♥ ..

      Delete
    2. iya cc...kalo kluarga q yg d surabaya biasanya gitu...jd pas ksana cm ad nasi kuning ja ketupatnya baru mnggu dpan hehehehehe.....tp bukn brarti ga boleh makan ketupat ...
      klo makanan berkolestrol lainny mc bs dihindari, tp klo tlor puyuh q ga bisa hehehehe...
      smga diberi klncaran pas lahiran yach cc...amieen

      Delete
  10. Wuahh... resep ce lulu kayaknya gampang banget tuuu...
    bahan2nya juga gw baca mudah di temukan,, gw yang pemalas masuk dapur aja berasa beneran tergoda...
    ijin copy ya ce, bakalan di coba next timee...
    sering2 share resep ya ce, biar gw juga ketularan cece pinter masak..
    maklum nii gw kalo disuruh masuk dapur males betull wkwkwkkw
    kalo ditanya nyokap jawab nya nanti aja pas udah mau merit baru les masak hahahahaha

    btw santan Kara itu yang gimana ya ce
    kalo misalnya beli santan yang udah diperas dan dijual kiloan, itu kira2 per resep cece butuh berapa liter santan nya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyaaa di pasar ada smuaa tinggal beli.. Lengkappp..hahaahha.. Iya copy aja say.. :D
      Hhahhaa kloo merid bru bljr masakk tlat lhoo .. Mnding dri skarang ajahh.. ♥ĦaĦaĦaĦa(≈^▿^≈)♥ ..
      Santan KARA di hypermart say..di kotak kaya kotak susu.. Ohhh ĸℓŏ santan pras yg kiloan lbh bgus lgi krna lbih alami..kmrn cc ke pasar santan lgi ga jual krna orgnya mudik..jdinya beli kara di hypermart.. Kotak kara yg bsar. Tingginya 22cm lebarnya 10cm -+..kira2 aja say brpa liter.. Soalnya ĸℓŏ uda di dpn kuali masak,cc uda ga pernah takar2 lgi.. Smuaa sesuai slera..suka kental?pake santan bnyk..ga suka pake bnyk2 santan,resikonya gak begitu kental..itu aja :D

      Delete
  11. Ci Lulu udah Cantik pinter Masak gimana Suami gak Kelepek kelepek LOL...

    ReplyDelete
    Replies
    1. ♥ĦaĦaĦaĦa(≈^▿^≈)♥ .. Saling klepek2 satu sama lain say =p.. Wkwkwk.. Thx youuu ♥

      Delete
  12. wahhh.. aq ingat baca nie postingan pas di atas motor d bonceng suamiq n masih 8 jam jauh dari rumah.. n bawaanq gelisah aja di atas motor pengen cepet2 pulang coz' dah ga tahan pengen banget makan rendang.. sebenerx aq dah pengen koment pas lebaran ke 2.. ga tw ya napa.. setiap koment pasti susah banget masukx,, nie aja koment lewat warnet hhehe..

    maisun el dabo..

    ReplyDelete